Januari 26, 2015

Membahas Tentang Blog

SELAMAT DATANG DI BLOG KU ... ^_^

Hari ni saya sedang belajar tentang Internet Blog .
apa itu blog mari kita bahas bersama-sama..

Pengertian Web Blog
Asalkan kata Blog adalah WebLog, yang artinya catatan harian yang dibuat di web. WebLog terdiri 2 kata yaitu Web , seperti yang sudah dikenal adalah sebuah situs internet seperti www.filehippo.com , dan kata kedua yaitu Log yang berarti catatan kejadian harian atau biasa dipersamakan dengan buku diary. webLog artinya dikenal sebagai blog. Jadi blog adalah sebuah situs website yang berisikan catatan / jurnal harian kegiatan orang maupun kelompok (walaupun banyak blog yang diisi tidak setiap hari).
Jadi istilahnya Weblog pertama kali digunakan oleh Jom Barger pada 17 Desember !997 sedangkan istilah Blog pertama kali diperkenalkan secara tidak sengaja oleh peter merholz yang memisahkan kata weblog menjadi we blog di dalam blog miliknya pada April1999

Pembagian Blog
berdasarkan Jenis / Genre

  • Blog Politik : tentang berita, aktivis, kampanye dan semua persoalan tentang polik
  • Blog Privadi : disebut juga buku harian / diary online berisikan tentang kesaharian seseorang, keluhan, puisi / syair :  gagasan dan obrolan dengan teman. 
  • Blog bertopik : blog yang membahas tentang sesuatu dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog Kesehatan : lebih spesifik tentang kesehatan, misalnya seperto tips kesehatan, informasi kesehatan terbaru, keluhan penyakit dan pengobatannya dll.
  • Blog Perjalanan / Traveling : fokus pada bahasan cerita tentang perjalanan yang menceritakan keterangan-keterangan tentang perjalanan/traveling. 
  • Blog Mode / fashion : lebih dikenal dengan “Fashion Blog” isinya seputar gaya, perkembangan mode selera fashion, liputan pameran mode dll.
  • Blog Media : berfokus pada bahasan berbagai macam informasi.
  • Blog agama : membahas tentang agama.
  • Blog pendidikan : biasanya ditulis oleh pengajar atau guru.
  • Blog bisnis : digunakan oleh pegawai atau wirausahawan untuk kegiatan promosi bisnis mereka.



Beberapa contoh blog
berdasarkan Jenis / genre
  1.  Kesehatan : http://hidup-sehat.blogspot.com
  2.  Fashion : http://melodysfashion.blogspot.com
  3.  Pribadi : http://rachmadiblogspot.com
  4.   Bisnis : http://kostumanak1.blogspot.com

Istilah-istilah umum dalam Blog
  1.  Blogger : sebutan bagi seseorang yang menulis di blog mereka.
  2. Blogging : kegiatan yang dilakukan di dunia blog.
  3. Blogroll : merupakan fitur dari blogger yang menampilkan link-link tertentu sesuai yang mereka tambahkan, biasanya digunakan untuk bertukar link bagi pengguna blogger..
  4. Postingan : suatu kegiatan yang dilakukan seorang blogger untuk mengirim artiker kedalam blogger.
  5. Laman : hampisr sama dengan postingan, tapi tulisan yang diketik di laman nantinya akan muncul tersendiri menjadi menu pada halaman blog.
  6.  Komentar : tempat yang khususkan untuk para pengunjung untuk memberikan komentar pada suatu postingan, bisa berupa saran, masukan, dan diskusi.
  7. Komentar Spam : komentar yang semata-mata hanya untuk promosi atau memeperoleh backlink dan komentar yang ditulis tidak bersangkutan dengan postingan yang dibahas.
  8. HTML : hyper text Markup language adalah bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web.
  9.  Javascript : adalah bahasa pemprograman yang  khusus untuk halaman web agar halaman web terlihat lebih hidup.
  10.  SEO : Search Engine Optimazion adalah sebuah usaha untuk mengoptimalkan sebuah situs agar mudah ditemukan / terindex oleh google.

Situs layanan penyedia blog populer
Blogger
Blogger merupakan salah satu layanan blog graris yang  paling populer saat ini. Selain karena mereka adalah yang pertama menyediakan situs layanan blog, blog ini juga menyedikan berbagai kemudahan seperti mengubah template, menambahkan gadget, statistik, galeri, dan sebagainya. Blogger memberikan kebebesan kepada penggunanya untuk mendesain sendiri blog mereka.
Wordpress
Bagi yang menyukai kesederhanaan, maka situs wordpress adalah situs penyedia blog yang tepat. Situs ini juga tidak kalah populer dari blogger di Indonesia pengguna wordpress dan blogger bisa di bilang berimbang. Apalagi sekarang wordpress juga memberi kebebasan penggunanya untuk mengubah template secara bebas selayaknya yang fasilitas yang disediakan blogger.
 Tumblr
Tumblr pada awalnua lebih populer di luar negeri, namun beberapa tahun terakhir sudah banyak yang menggunakannya di indonesia. Selain karena sederhana seperti layaknya wordpress, alamat situs yang dihasilkan tumblr jauh lebih singkat dari blogger dan wordpress, yaitu alamatblog,tumblr.com

Tips dan Trik mengisi konten Blog
·         Tulis yang disukai dan dikuasi
·         Gunakan bahasa yang b aik dan benar
·         Banyak-banyaklah membaca
·         Seringlah mendengarkan radio, musik, atau nonton film
·         Tampilkan semenarik mungkin
·         Jika isinya berupa copt paste, tuliskan sumbernya
·         Jika tidak ada bahan untuk posting, jangan memaksakan diri
·         Jangan terlalu banyak pikiran apakah tulisanya akan banyak dibaca atau tidak
·         Sebelum posting, baca ulang terlebih dahulu
·         Terakhir, rutinlah mengisi konten blog